inilah Bahaya mengisi daya atau charger hp smartphone di laptop

FITRINEWS.COM - Kehabisan daya ponsel atau low battery saat menghadapi situasi yang genting membuat kita tidak berfikir panjang. Terlebih ketika anda sedang membawa perangkat notebook atau laptop. Tentunya anda akan langsung mencolokkan kabel data ponsel ke laptop tanpa berfikir bahaya yang ditimbulkan.

bahaya charger atau isi daya ponsel smartphone android di laptop


Dilansir laman Digital Trends peneliti dari Kaspersky Lab menunjukkan jika ponsel dan laptop terhubung untuk mengisi daya, akan terjadi proses handsake.

Proses tersebut adalah perkenalan antara PC dan ponsel ketika saling terhubung. Handsake memungkinkan nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, nomor seri, informasi firmware, informasi sistem operasi, sistem file/daftar file, elektronik chip ID terdeteksi oleh laptop.

Hal buruknya adalah data Anda akan dengan mudah dihack oleh peretas bahkan ponsel akan rentan terkena virus. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya ponsel dilindungi dengan kata sandi atau pemindai sidik jari ketika ponsel disambungkan ke perangkat PC. Dengan demikian privasi maupun data ponsel anda akan aman dari virus.

Selain itu, Cara agar hp smartphone aman dari serangan virus di perangkat komputer atau laptop sebaiknya ponsel dibekali dengan anti virus.