Inilah Wilayah Indonesia yang Terkena Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana matahari terjadi saat bulan ada di antara matahari dan bumi. Bulan menghalangi cahaya matahari ke bumi. Sebagian masyarakat Indonesia kembali bisa melihat fenomena alam gerhana matahari total. Posisi matahari bulan dan bumi dalam satu garis ini diperkirakan akan terjadi pada Maret nanti. 

Wilayah di Indonesia yang Paling Lama Alami Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana Matahari Total 2016 indonesia

Sebelumnya peristiwa gerhana matahari total pernah terjadi di indonesia pada tahun 1988, dan menurut Badan Antarikasa, pada maret 2016 nanti sebagian wilayah indonesia akan kembali disuguhi gerhana matahari total lagi. Namun Gerhana Matahari Total GMT 2016 tahun ini akan sangat unik dan langka karena hanya Indonesia yang bisa menyaksikannya di daratan sementara sisanya akan terlihat di atas samudera. Jadi hanya terjadi di daratan Indonesia dan tak berlangsung di negara lain.

Wilayah indonesia yang akan dillintasi Gerhana Matahari Total

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan, Wilayah indonesia yang akan terkena gerhana matahari total diantaranya Palembang, Tanjung Pandang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Ternate, dan Sofifi, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

Karena wilayah inilah yang dilintasi garis khatulistiwa, namun tidak semua tempat yang dilalui garis khatulistiwa yang bakal terkena gerhana matahari total. hanya wilayah indonesia saja yang dapat menikmati peristiwa gerhana matahari total.

Menurut BMKG Nasional, Daerah di Indonesia yang akan paling lama disinggahi fenomena terebut adalah wilayah Sulawesi Tengah.

Fenomena Gerhana matahari total Maret 2016 Indonesia





2 Responses to "Inilah Wilayah Indonesia yang Terkena Gerhana Matahari Total 2016"

Terima kasih atas kunjungan anda, silahkan comment sesuai tema dan jangan menanam Link hidup di komentar. "LINK HIDUP OTOMATIS TERHAPUS"